Dispora dan Kwarcab Kukar Perkenalkan Permainan Cinaboy

Ilustrasi : Anak-Anank Yang Bermain Cina Boy Atau Tebak BelekTENGGARONG - Anak zaman now tentunya tidak pernah mengenal betapa serunya permainan tradisional.  Saat ini mereka justru disibukkan dengan keasyikan bermain game di gawai masing-masing.

Dinas Pemuda dan Olahraga berkoordinasi dengan Kwartir Cabang Pramuka Kukar kembali memperkenalkan permainan tradisional bernama Cinaboy kepada anak Pramuka Siaga.

“Selain pentas seni, pada gelaran awal rangkaian Pramuka pada tahun ini yakni Pesta Siaga yang digelar Sabtu lalu, kita rangkai juga kegiatan lomba olahraga tradisional, salah satunya Cinaboy,” kata Kepala Bidang Kepemudaan, Kewirausahaan dan Kepramukaan Dispora Aji Ali kepada KORANKALTIM.COM, Selasa (12/03/2019).

Menurut Ali, selain Cinaboy ada juga permainan tradisional lainnya yang kembali dikenalkan kepada anak didik Pramuka Siaga yakni Engrang, Asen Naga dan Begasing. “Kegiatan olahraga tradisional ini bertujuan untuk mengenalkan kembali permainan-permainan yang sangat populer di masyarakat yang mungkin mereka tidak pernah mengenal dan mengetahui adanya permainan itu. Dan di permainan itu pula kita latih keakraban dan mereka karena kan untuk memainkannya memerlukan banyak orang, jadi interaksi mereka terbangun,” demikian Ali.

Diketahui Cinaboy memiliki nama yang berbeda-beda di masing-masing daerah di Indonesia. Ada yang menamakan Boy-boyan, Ucing Boy Geprek Kempung, Bebencaran maupun sebutan lainnya. Alat yang digunakan biasanya bola kasti atau bola buatan dari gumpalan plastik dan pecahan genteng atap rumah ataupun botol bekas.

Penulis : Muhammad Heriansyah
Editor : Muh.Huldi

Sember Berita KORAN KALTIM

Tags: , ,

Media Sosial

Kontak Dispora

Jl. Stadion Aji Imbut (Gedung Beladiri),

Tenggarong Seberang

Kutai Kartanegara 75572

+62 (0541) 4108929, 4108474

kontak@disporakutaikartanegara.info

Tautan Dispora

Video DIspora

Please publish modules in offcanvas position.