Dispora Berikan Penghargaan kepada Tiga Pemuda Pelopor Kukar

Cetak

Pemberian penghargaan Pemuda Pelopor. (Heri/korankaltim.com)

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) tahun ini kembali melakukan seleksi Pemuda Pelopor. Bertempat di Aula Serba Guna Kantor Dispora Kukar, Kamis (23/7/2020), Dispora kembali memberikan penghargaan secara simbolis kepada tiga Pemuda Pelopor Kukar.

Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan dan Kreatifitas Pemuda Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda, Thohari mengatakan seleksi Pemuda Pelopor ini dilakukan dalam upaya pembinaan untuk menciptakan pemuda yang mampu berkontribusi bagi daerah.

Pemuda yang terpilih juga bisa mewakili Kutai Kartanegara dalam ajang Pemuda Pelopor tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

"Alhamdulillah pesertanya meningkat, kalau tahun lalu hanya empat orang, tahun ini meningkat jadi sembilan orang terdiri dari 9 kecamatan," katanya kepada koran Kaltim.com, Kamis (23/7/2020).

Thohari menyebutkan dari sembilan orang yang mendaftar sebagai Pemuda Pelopor, terpilih lima orang. Mereka lalu mempresentasikan bidang yang digelutinya dihadapan tim penilai.

"Lima orang yang terpilih untuk mempresentasikan itu yakni dari Loa Janan, Sangasanga, Samboja, Muara Jawa dan Marangkayu. Tapi setelah presentasi, maka didapatkan tiga yang terpilih, tiga itu yakni Loa Janan, Sangasanga dan Muara Jawa," sebutnya.

Untuk Pemuda Pelopor dari Loa Janan mewakili bidang lingkungan, Sangasanga di bidang SDA, dan Muara Jawa di nidang Bahasa Inggris.

"Kita bersyukur tahun ini kita mampu mengorbitkan tiga Pemuda Pelopor. Adapun rangkaian ini berlangsung sejak Juni yakni pemberkasan dan akhir Juni hingga awal Juli kita tetapkan dan terpilih tiga pemuda pelopor ini. Setelah ini mereka berhak mengikuti seleksi ke tingkat provinsi," ungkapnya.

Tiga pemuda pelopor ini berhak memperoleh penghargaan dari Pemkab Kukar melalui Dispora berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta.

"Tahun lalu kita mampu meloloskan satu pemuda pelopor mengikuti seleksi di tingkat nasional, dalam bidang keagamaan. Semoga target kita tahun ini minimal bisa mengirimkan perwakilan Kukar ke tingkat Nasional bisa tercapai," tegas Thohari.

 

Penulis: Muhammad Heriansyah
Editor : M. Huldi

Sumber : KORANKALTIM.com

Tags: